Snippet

AHLI WARIS GOYANG KARAWANG



RP. 80.000
Agak sulit dilacak sejarah munculnya istilah Goyang Karawang, bahkan ada beberapa versi yang membahas latar belakang  mengapa istilah ini diatributkan pada kota karawang. Salah satu cara untuk bisa mendekati pemahaman istilah ini adalah dengan menilik kondisi Karawang sebagai salah satu lumbung padi nasional. salah satu bagian dari mengolah padi ada yang dinamakan proses menumbuk padi, yaitu suatu kegiatan memisahkan hasil panen secara manual dengan cara menumbuk gabah agar terpisah dari kulitnya sehingga menghasilkan beras. 
Dalam menumbuk padi agar sampai menjadi beras, waktu itu masyarakat menggunakan alat alu dan lesung. Biasanya kaum perempuan yang mengerjakan proses ini secara bersama-sama/kolektif. Dalam proses pemisahan antara beras dan gabah setelah ditumbuk disebut nginter (b.sunda) yaitu sebuah gerakan tubuh perempuan pada posisi berdiri sambil menggerak-gerakan nyiru (alat untuk menampi yang terbuat dari anyaman bambu), berisi kira-kira 90% beras dan 10% gabah (pada fase ini gabah tersebut dengan distilahkan khusus menjadi serah) dengan maksud biji yang masih berbentuk gabah/serah terpusat di tengah nyiru lalu biji gabah/serah yang sudah terpusat di tengah nyiru tersebut di (rawu/diambil dengan kedua telapak tangan) dan dipisahkannya dari biji beras untuk kemudian ditumbuk kembali. Nah, dalam proses nginter ini lah (terdapat gaya sentrifugal/berlawanan arah) ketika kedua tangan menggerakan nyiru berputar kearak kiri maka secara otomatis tubuh berputar tetap ke arah kanan, dengan tubuh sedikit condong kedepan maka tampak sekali pinggul bergoyang secara kontinyu 
Kebiasaan lainnya, pada saat perempuan-perempuan desa menyelesaikan pekerjaan penumbukan, mereka melakukan pemukulan lesung dengan alu masing-masing secara teratur dan berirama sehingga mengeluarkan suara yang enak di dengar sambil sebagian dari mereka melagukan kawih-kawih sunda dan sebagian menari. Diduga dari sinilah kemudian muncul istilah "goyang karawang" yang selanjutnya berkembang menjadi kegitan kesenian identiknya adalah tarian jaipongan khas karawang.

Leave a Reply