Snippet

MICRO

RP. 80.000
Agak sulit menemukan ikon karawang tempo dulu, sebagian orang karawang mungkin akan menunjuk beberapa tempat bersejarah seperti monumen, tempat ziarah atau makam bupati Karawang masa-masa awal. tetapi ketika mencoba mengingat moda transportasi "jadul" di Karawang, mungkin "mikro" lah yang paling tepat untuk dijadikan rujukan. Mikro adalah alat transportasi karawang tempo dulu yang cukup populer, angkutan ini menjadi primadona angkutan pada masanya, dan menjadi andalan masyarakat karawang dalam bepergian. 
Dari beberapa sumber yang didapat angkutan ini beroperasi di karawang sekitar tahun 1963-an, yang pada awalnya mobil keluaran mercedes benz ini merupakan angkutan resmi para atlet Asian Games  Jakarta tahun 1962. disebut "mikro" yang berarti kecil, karena bentuknya yang tidak lebih besar dari kendaraan seperti bus dan sejenisnya. bentuknya yang unik dengan  hanya mempunyai satu pintu di depan serta mesin berkualitas produksi perusahaan ternama dari jerman serta bangku penumpang yang nyaman cukup membuat nyaman bagi siapa pun yang pernah menaikinya.
    seiring berjalannya waktu mikro pun akhirnya hilang dan tergantikan dengan angkutan lain yang lebih modern. entah kapan tepatnya terakhir mobil ini masih menyusuri jalanan karawang, dari awalnya melayani trayek jauh jakarta-karawang, kemudian beralih melayani jarak menengah karawang-cikampek, semakin tersisih dengan hanya menempuh trayek bojong-johar, akhirnya mikro pun "dikandangkan" dan menghilang dari peredaran. sekitar tahun 2000-an mungkin bisa dikatakan akhir pengabdian dari kendaraan unik ini, beruntunglah bagi sebagian orang yang pernah mengalami interaksi dengan mikro walaupun kini hanya tinggal kenangan.
"in memoriam mikro"

Leave a Reply